Bakso Kuah Tom yam Perpaduan Citarasa Lokal dan mancanegara

Umak wes tau dolen ndek Thailand??

Kalo kuliner, menu apa yang sering dicari?

Jawabannya : Pad thai dan Tom yam

Setuju..??

Oke, aku gak akan bahas pad thai

Tapi akan bahas kuah tom yam yang berpadu dengan bakso dalam negeri, agak aneh memang mengingat biasanya tom yam ya sajiannya seperti di thai sana memakai seafood seperti udang, ayam, jamur, ikan dan beberapa restoran authentic khas thailand yang banyak menjamur di tanah air pun menyajikan menu yang sama seperti itu.

Tom yam adalah sup yang berasal dari tanah kelahiran pemain bola ganteng yang pernah merumput bersama tim rival Persib Bandung ia bernama Sinthaweechai Hathairattanakool "Kosin" gimana kesel nggak bacanya?? alias dari negeri gajah putih alias Thailand. Jadi Tom yam berasal dari thai yang dibuat oleh chef-chef dan perempuan-perempuan thai, aku ga ero cewek tulen atau bukan hehe.

Tom yam sendiri makanan khas dari thailand sana, kuahnya khas dengan rasanya yang pedas, asam dan segar. Kuah kaldunya terbuat dari bahan-bahan segar seperti serai, daun jeruk, lengkuas, perasan jeruk nipis, kecap ikan, dan cabai.

Lalu apa jadinya bila tom yam bersatu padu dengan bakso dalam negeri?? tentu rasanya bukan main enaknya udah gurihnya bakso ketemu dengan pedas, asam dan segarnya kuah tom yam yang bakalan mate banget perpaduan rasanya.

Di Indonesia sendiri sudah banyak penjual yang memasukan varian kuah tom yam ke dalam list menu dagangannya, oke diantara sekian banyak bakso kuah tom yam yang banyak beredar di pasaran aku memilih buat me review bakso kuah tom yam nya Bakso Boedjangan.

Bakso boedjangan secara resmi memiliki varian kuah baru bernama Kuah tom yam, bergabung dengan kakak-kakaknya terdahulu yang sudah menghiasi alam lidah penggemar bakso seluruh indonesia semisal kuah kaldu tulang & tetelan, kuah pedas taichan, kuah pedas rawon, kuah pecel dan kali ini kuah tom yum. 

Karena aku arema alias arek Malang yang tinggal di Malang dan bekerja di sekitaran Malang raya aku njajal di Bakso Boedjangan Jalan Ciliwung, Malang tentunya. di Malang cabangnya bakso boedjangan ada dua, satu di transmart mnxx yang mengusung tagline Bakso ekspress alias njupuk dewe, nah kalo di Malang Ciliwung ini mengusung konsep restoran yang family time alias dilayani dan tentu menunya lebih lengkap ketimbang yang ekspress.




bakso-boedjangan-kuah-tomyam
Bakso Super Mozarella featuring Kuah Tom yam & Siomay Panjang

Disana aku memesan Bakso Super Mozarella, Kuah Tom yum dan Siomay Panjang dan tak lupa memesan dessert es durian kesepian karena aku seneng ambek duren. ternyata kuah tom yam nya joss pemirsa, icip-icip kuahnya dikit rasanya langsung nendang banget.

Semangkuk bakso yang dihidangkan dengan kuah tom yam cukup kental dan pekat. Kuah tom yam nya mencangkup semua rasa ada pedas, asin dan asam sehingga tanpa menambah condiment apa-apa pun rasanya sudah uenaaakkk. cocok banget buat yang seneng pedes dan kecut-kecut seger, rasanya mboiss sam,,, dua jempol buat yang bikin deh,, karena rasanya bisa mengingatkan akan negara thailand yang aku pun belum tau bisa keturutan sampe kesana apa tidak hehe.

Kemudian terdapat Komposisi utama Bakso sapi yang isinya keju mozarella, mie bihun, mie kuning, sayur saosin, dua pentol kecil dan tentu saja goreng siomay panjang. Soal harga untuk kuahnya gausah khawatir seporsi kuah tom yum sendiri hanya dibanderol Rp 3.000,00 rupiah saja, dan meskipun ditambah menu-menu pendamping, dompet sampean gak akan jebol. Pokok'e murah, resik, dan enak.


Nah, kalo lagi pengen menjelajahi dunia kuliner per-bakso-an dan yang bosen dengan kuah yang itu-itu saja, bakso boedjangan malang ini rekomendasi deh. Di jamin gaakan bikin bosen varian kuah banyak dan enak-enak.



-sekian-





Comments

  1. Bingung mau ngapain? mendingan main games online bareng aku?
    cuman DP 20rbu aja kamu bisa dapatkan puluhan juta rupiah lohh?
    kamu bisa dapatkan promo promo yang lagi Hitzz
    yuu buruan segera daftarkan diri kamu
    Hanya di dewalotto
    Link alternatif :
    dewa-lotto.name
    dewa-lotto.com

    ReplyDelete
  2. numpang promote ya min ^^
    buat kamu yang lagi bosan dan ingin mengisi waktu luang dengan menambah penghasilan yuk gabung di di situs kami www.fanspoker.com
    kesempatan menang lebih besar yakin ngak nyesel deh ^^,di tunggu ya.
    || WA : +855964283802 || LINE : +855964283802 ||

    ReplyDelete
  3. ION^Q^Q menghadirkan permainan paling menarik
    Anda bisa menikmati permainan Poker & Domino bersama kami
    Untuk info lebih lanjut Add whatsapp: +85515373217

    ReplyDelete

Post a Comment