Cireng Pandawa Jajanan Khas Tanah Priangan ala Mahabarata

Cireng ?? apa tuh??  Mungkin masyarakat diluar tataran sunda agak aneh mendengar namanya karena memang cemilan ini hanya ada di tatar priangan, sebelum akhirnya di hampir tiap kota ada layaknya Tahu Sumedang dan Ubi Bakar Madu Cilembu. Cireng diyakini sudah ada sejak 1990 yang dimana di tahun tersebut Dilan 1990 karya pidi baiq tercipta dan mungkin tokoh asli dilan sudah mencicipinya duluan.


Cireng singkatan "Aci digoreng" Alias Tepung Kanji Goreng. Di daerah Banten, Subang, Sumedang, Majalengka, Priangan Barat (Cianjur, Bogor dsk) maupun Priangan Timur (Garut, Tasikmalaya, Ciamis,Banjar, Pangandaran dsk) sendiri Cireng banyak dijual dan ditemui dalam berbagai bentuk variasi dan rasa. Selain Cireng, ada juga Cilok "Aci dicolok", Cimol, Cimplung, Cipuk, Cilor "Aci Telor", Cipet "Aci ka cepet", Cipeng "Aci gepeng", Cibay "Aci ngagebay"Cimin, dan masih banyak lagi.




Cireng-pandawa-bumbu-rujak




Oke Kita akan bahas cirengnya. Bahan makanan ini terdiri dari tepung kanji, air, merica bubuk, garam, bawang putih, ada sebagian yang pakai daun bawang lalu digoreng. So Simple But one does not Simply. Mengapa? karena tidak semua orang bisa membuatnya seringkali cirengnya tidak enak, terlalu kenyal, menyerap banyak minyak, keras, atau tidak renyah.


Seiring berkembangnya zaman, Cireng telah berinovasi dari isiannya, karena Cireng original tak ada isian, sekalipun ada isiannya tak jauh dari oncom. Lain dulu lain sekarang untuk saat ini banyak ditemui penjual Cireng yang membuat varian isian dari Daging Sapi, Daging Ayam, Keju, Mozarella, Sosis, Bakso, Saus Kacang, Kornet, Abon dll.


Selain dari isian, Cireng juga tengah mengalami detradisionalisasi berinovasi dari nama dan bentuk, disesuaikan dengan modernitas zaman. Misalnya Cimol, Aci dicemol berbentuk bulat, dan renyah gurih.


Dan dari situlah awal datangnya Cireng Pandawa, Cireng yang berasal dari tatar sunda ini merupakan Cireng yang cikal bakalnya merintis di bisnis online. Cireng Pandawa ini memiliki ciri khas Renyah di luar dan Lembut di dalam.


Selain itu, citarasanya yang istimewa dikarenakan Cireng Pandawa ini diproses melalui sekelumit proses yang detail, diolah dengan bahan bahan yang asli, serta dibuat dengan alat-alat khusus, menjadikan cireng pandawa sebagai salah satu olahan produk Cireng berkualitas tinggi yang dapat dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat.


Bila dalam mahabarata Pandawa berguru kepada Resi Druna dan Resi Krepa, Cireng Pandawa pun berguru kepada resep nenek moyang jawa barat alias Priangan yang sejak dahulu kokolot tanah sunda banyak menciptakan cemilan2 yang ada saat ini, karena rasanya yang khas dan juga dilengkapi dengan bumbu rujak yang memiliki rasa yang unik dan berbeda, sehingga terciptalah rasa yang otentik dari cireng bumbu rujak.







Hingga saat ini, Cireng Pandawa telah dinikmati puluhan ribu penikmat cireng yang tersebar di seluruh penjuru Indonesia. Mungkin Cireng Pandawa ini anu ngamimitian alias Cikal bakal perusahaan Cireng bahkan satu-satunya yang punya pabrik Cireng dengan SDM profesional.


Seporsi Cireng Pandawa berisi 15 potong dan dilengkapi juga dengan sambal rujak mantapnya, dijamin ngobrolmu bersama kolega, sahabat, pacar atapun keluarga tercinta jadi tambah asik. Yang pacaran bisa saling suap2an mesra, yang jomblo bisa segera mencari pasangan agar bisa suap2an saat menikmati Cireng Pandawa ini.


Shahih rasanya bila Cireng melalui Brand Cireng Pandawa adalah makanan yang mengindonesia laiknya wiracarita Mahabarata yang dikenal dalam pertunjukan wayang di Indonesia.




-sekian-








Comments

  1. ION^Q^Q menghadirkan permainan paling menarik
    Anda bisa menikmati permainan Poker & Domino bersama kami
    Untuk info lebih lanjut Add whatsapp: +85515373217

    ReplyDelete

Post a Comment